Belajar 10 Hal Dari Apple Store

Baru saja mengunjungi blog personal Guy Kawasaki, ada sebuah artikel yang berjudul “10 Things You Can Learn From the Apple Store”, yang ditulis pada 9 April 2012. Tanpa berpikir panjang, aku baca artikel tersebut, karena itu bisa menambah wawasan.

Boleh dibilang, 10 hal yang bisa kita pelajari dari Apple Store, adalah bagian dari beberapa ajaran Steve Jobs, yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya. Steve Jobs sebagai Apple’s CEO, dan Ron Johnson sebagai mantan Apple’s Head of Retail, telah memutuskan untuk merancang ulang retail experience, dan tidak tanggung-tanggung, mulai dari awal.

Guy Kawasaki, melalui blog personalnya, mengatakan apabila salah seorang temannya, Carmine Gallo melakukan penelitian untuk Apple Store Experience. Dan hasil dari penelitian tersebut, ada 10 hal yang bisa kita pelajari dari Apple Store.

01. Stop Selling Stuff

Sejak Steve Jobs memutuskan untuk melibatkan diri secara langsung, terhadap rencana Apple Store kedepan, dia tidak pernah menanyakan, “How will we grow our market share from 5 to 10 percent?”, dan sebaliknya, Steve Jobs mengatakan, “How do we enrich people’s lives?”. Yah, Steve Jobs mengajak Apple Store untuk tidak hanya menjual produk, namun harus mengetahui dan menyampaikan tentang apa manfaatnya untuk banyak orang.

02. Enrich lives

Visi dibalik Apple Store adalah “Enrich lives”. Steve Jobs dan Ron Johnson meyakini, apabila kita memperkaya kehidupan kita dengan banyak hal, maka “hal-hal ajaib” akan mulai terjadi. Misalnya saja, dengan mempersilahkan para pelanggan untuk menghabiskan begiyu banyak waktu secara nyaman, dengan setiap karyawan Apple Store, dimana mereka bisa sepenuhnya mengetahui, dan memahami tentang apa kebutuhannya, keinginannya. Disinilah interaksi secara emosional bisa tercapai, karena setiap pelanggan “can enrich their lives”.

03. Hire for smiles

Setiap karyawan Apple Store dilatih, dimotivasi, dan diajarkan bagaimana untuk menciptakan “magical and memorable moments”, terhadap para pelanggan mereka. Nilai lebih dari Apple Store adalah, terletak pada sisi personal karyawan yang memiliki kharisma, ibarat magnet, dan tidak sekedar penguasaan teknis terhadap produk mereka.

04. Celebrate diversity

Menghargai dan menerima perbedaan, adalah salah satu hal utama didalam Apple Store. Apakah itu mohawk, tatto, rambut gondrong, ataupun tindik, semuanya itu diterima secara terbuka oleh karyawan Apple Store. Bagaimana kita bergaya, itu tidak terlalu penting, karena mereka –para karyawan Apple Store, lebih tertarik dengan passion diri kita.

05. Unleash inner genius

Mengajar setiap pelangan tentang berbagai hal, yang tidak pernah mereka ketahui sebelumnya, dan yang tidak pernah mereka lakukan sebelumnya, akan membuat mereka menjadi loyalis yang sebenarnya. Sebagai contoh, didalam Apple Store, setiap pelanggan bisa belajar apa saja, mulai dari dasar-dasar Mac OS, bagaimana mendesain sebuah website, bagaimana cara mengedit foto ataupun film, hingga bagaimana membuat sebuah slide untuk presentasi secara baik.

Jika saya tulis seluruhnya, yaitu tentang 10 hal yang bisa kita pelajari dari Apple Store, hehehe, kasihan penulisnya, bisa-bisa bukunya tidak terjual. Tertarik membeli dan membaca buku itu? Silahkan membaca informasinya melalui Google eBook.