Tidak Ada Pemimpin Yang 100% Dicintai

Sejak saya kecil hingga sekarang ini, saya berpendapat apabila tidak ada seorang pemimpin yang 100% dicintai oleh semua orang. Setiap pemimpin sudah pasti memiliki musuh, penentang, atau oposisi, mulai dari mantan presiden Soekarno, hingga presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mulai dari Adam hingga Muhammad, mulai dari Ali Sadikin hingga Jokowi, dst.

Anda, mereka ataupun saya, bisa jadi memiliki pandangan yang berbeda, tentang sosok seorang pemimpin, dan oleh karena itu pemimpin yang saya hormati, belum tentu anda hormati. Bahkan, Tuhan yang saya yakini, juga belum tentu anda yakini kebenarannya.

Terkadang, kalau seseorang sudah melewati level benci, apapun yang dilakukan dan dikatakan oleh seseorang pemimpin, kelompok, ataupun golongan, pasti selalu dipandang secara skeptis, atau bahkan apatis. Padahal, bisa jadi apabila sesuatu hal yang dilakukan dan dikatakan oleh seorang pemimpin, kelompok, ataupun golongan tersebut, adalah benar.

Insya Alloh, sampai kiamat pun, tidak ada seorang pemimpin yang 100% dicintai oleh seluruh manusia. Bahkan, Tuhan yang telah menciptakan diri kita dan seluruh isi dari dunia ini, memiliki begitu banyak pembangkang, penentang, pembelot, atau apapun istilahnya.

Selamat berpuasa, dan menikmati duit THR kawan. Hari ini, siapa yang kalian benci ? Kalau saya, hari ini benci batuk yang mendadak hadir, hehehe.