Menghemat Baterai Android

Sebenarnya tips tentang cara menghemat baterai smartphone Android sudah banyak yang tulis, tapi tidak ada salahnya saya ikutan menulis, karena alhamdulillah malam ini ada banyak waktu kosong buat blogging. Yah, semoga saja ada manfaatnya.

Pada saat saya menulis artikel ini, smartphone Android yang saya gunakan adalah HTC One S, dengan OS Android Jelly Bean 4.1.1, official ROM. Kondisi baterai masih 100% sehat, dan dengan penggunaan yang cukup aktif. Aplikasi instant messenger yang saya gunakan, adalah Line, Whatsapp, BBM, Skype dan Google Hangout. Sedangkan, aplikasi social networks yang saya gunakan, adalah Facebook, Twitter, Path, LinkedIn, dan Instagram. Dan sekali lagi, saya tergolong salah seorang pengguna aktif, karena mengingat profesi dan hobi saya, yang mutlak membutuhkan koneksi data internet.

Cara menghemat baterai Android by Google
Android Identity.

Tips Hemat Baterai 01: Mobile Data

Auto mode pada Setting > Mobile Data > Network Mode, boleh dibilang bisa cukup menguras baterai smartphone Android, karena sistem dipaksa terus mencari WCDMA ataupun GSM. Jika kita berada diperkotaan atau daerah yang kaya HSDPA ataupun 3G, maka auto mode tidak diperlukan, cukup kita jadikan manual saja, yaitu WCDMA Only.

Akan tetapi, apabila kita dalam perjalanan luar kota, jika cukup memaksa, Auto mode bisa kita aktifkan, dengan catatan apabila kondisi jaringan “naik-turun” secara tiba-tiba. Namun sebenarnya kita bisa menggunakan mode GSM, karena dengan mode tersebut, apabila digunakan untuk aktifitas chatting ataupun email, sudah cukup layak kok.

Tips Hemat Baterai 02: Display & Wallpaper

Mode Automatic Brightness pada Setting > Display, saya gunakan mode manual, yaitu dengan tingkat kecerahan yang paling rendah, karena saya lebih sering mengakses smartphone Android tersebut secara indoor. Selain itu, Setting > Display > Sleep mode turunkan seminim mungkin, misalnya antara 15 detik hingga 30 detik, biar lebih menghemat baterai.

Menggunakan live wallpaper juga bisa menguras baterai, karena prosesor menjadi lebih aktif. Maka, ada baiknya jika kita menggunakan static wallpaper (bukan live), dan usahakan yang berwarna gelap, biar bisa lebih irit beterai.

Trik Hemat Baterai 03: Disable Apps

Terkadang ada sejumlah aplikasi yang tidak kita perlukan sama sekali, namun aplikasi tersebut terus menerus berjalan, menguras RAM dan membuat prosesor sedikit lebih aktif. Misalnya saja, apabila kita sudah menggunakan aplikasi Gmail, maka aplikasi Mail bawaan bisa kita disable. Kita bisa mendisable aplikasi tersebut pada Setting > Apps > All Tab, dan pilih aplikasi yang ingin kita disable. Namun ada baiknya kita sedikit lebih berhati-hati, karena jika salah mendisable aplikasi, bisa membuat aplikasi yang lainnya tidak berjalan dengan normal.

Saya juga disable sejumlah widget bawaan yang tidak perlu saya gunakan, biar tidak banyak aplikasi yang berjalan. Yah setidaknya semuanya itu turut membantu smartphone Android saya lebih menghemat baterai.

Trik Hemat Baterai 04: Media Server

Boleh dibilang aplikasi media server yang terus menerus berjalan pada sistem Android, itu dikarenakan oleh sesuatu hal yang tidak wajar. Yah, saya sempat membaca berbagai artikel tentang Media Server tersebut diberbagai blog dan forum. Pernah saya menaruh curiga pada aplikasi media server pada task manager, yang jauh lebih menguras RAM jika dibandingkan dengan sistem Android itu sendiri. Pasti ada sesuatu hal yang tidak wajar.

Ternyata, aktifitas media server yang terus menerus berjalan dan menguras banyak baterai tersebut, disebabkan oleh karena image files yang berukuran 0 byte. Setelah saya hapus image files tersebut, tidak ada aktifitas pada media server. Tidak hanya image files, video files ataupun audio files yang berukuran 0 byte, juga bisa memaksa aplikasi media server terus menerus beraktifitas. Maka ada baiknya kita cek task manager smartphone Android kita.

Trik Hemat Baterai 05: Close All App

Terkadang, kita tidak terlalu menganggap penting aplikasi yang terus menerus berjalan pada background, sedangkan kita tidak lagi menggunakannya. Misalnya saja, setelah kita menggunakan aplikasi Facebook ataupun Instagram, ada baiknya kita sepenuhnya menutupnya dengan menekan tombol Home beberapa saat atau menekan tombol Recent Apps.

Tujuannya adalah, supaya aplikasi tersebut tidak terus menerus berjalan “dibelakang layar”. Dan jika aplikasi tersebut terus berjalan, sedangkan kita tidak menggunakanya, maka koneksi data internet akan semakin aktif, dan begitu pula dengan RAM beserta prosesor smartphone Android kita. Dengan kata lain, turut membuat baterai menjadi boros.

Tips Menghemat Baterai 06: Location

Saya cukup yakin, apabila fitur GPS, Google Location Service, dll, pada Setting > Location, tidak selalu kita gunakan. Maka, ada baiknya kita non-aktifkan fitur tersebut, dan menggunakannya apabila memang diperlukan. Setelah menggunakan salah satu atau semua fitur tersebut, jangan lupa untuk menon-aktifkan kembali, seperti sebelumnya.

Tips Menghemat Baterai 07: Accounts and Sync

Fitur yang satu ini boleh dibilang juga turut menyumbang borosnya baterai smartphone Android milik kita, karena sistem akan terus melakukan sinkronasi pada sejumlah account yang kita miliki, mulai dari Google, Gmail, Twitter, Facebook, Whatsapp, BBM, dll.

Saya secara pribadi, lebih memilih menonaktifkan sinkronasi Facebook secara reatime, pada Setting > Accounts & Sync > Facebook, dan menghilangkan centang seluruhnya. Kenapa saya lakukan itu ? Karena saya tidak terlalu butuh notifikasi Facebook, Twitter, Instagram, hingga Path secara realtime, dan lebih baik menggunakannya pada akun Gmail, dan sejumlah instant messenger saja, mulai dari Whatsapp, Line, Skype, Google Hangout hingga BBM.

Hasilnya Baterai Hemat 15 Jam Lebih

Sebenarnya masih ada lagi tips ataupun trik tentang cara menghemat baterai smartphone Android, khususnya pada HTC One S yang saya gunakan, namun saya agak lupa.

Dengan aktifitas saya yang cukup padat, untuk menjawab ataupun melakukan chatting, membalas dan mengirimkan email, bersocial network, dll, smartphone Android milik saya, bisa menyala lebih dari 15 Jam. Misalnya saja, saya cabut smartphone dari charger pada pukul 6 pagi, dan baterai baru habis (sisa 20%) pada sekitar pukul 1 dini hari.