Pelanggan Potensial Membandingkan Harga

Bagi teman-teman yang sedang menjalankan suatu bisnis, bisa dipastikan sering menghadapi pelanggan potensial yang kerap membandingkan harga. Kalau menurut pendapat saya, itu gak masalah, asalkan segmentasi pasar sudah sangat jelas, dan pricing strategy juga sudah cukup tepat. Singkatnya mereka bukan termasuk segmen pasar kita.

Cukup sering saya menjumpai beberapa teman yang terlalu khawatir, lantaran para kompetitor telah menurunkan harga, yang jauh dari harga produk atau layanan kita. Dan dengan melihat kekhawatiran atau kepanikan tersebut, sudah terlihat cukup jelas, apabila mereka tidak cukup yakin dengan positioning, differentiation dan value dari brand yang mereka kelola itu sendiri, atau bahkan bisa jadi mereka tidak paham tentang hal itu.

Yah, memang tidak bisa dipungkiri, apabila masih ada banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tidak menganggap serius branding ataupun marketing, dan hanya berorientasi pada selling saja. Padahal Pasar Bebas ASEAN 2015 akan segera dimulai.

Lantas kita harus bagaimana ? Apa yang harus kita lakukan ? Yah mau gak mau harus segera ada evaluasi, apakah positioning, differentiation dan value dari brand miliki kita sudah cukup kuat ? Apakah segmen pasar yang kita bidik sudah teredukasi ? Atau apakah justru kita yang salah memasuki segmen pasar, ketika berada dilapangan ? Dan masih banyak lagi.

Tidak tahu bagaimana cara melakukannya ? Gampang kok, kita tinggal memanggil branding & marketing consultant, dan kontrak mereka selama satu tahun, hehe.