Atmojo

Sekitar beberapa bulan yang lalu, saya mengerjakan dan menggunakan WordPress theme buat saya sendiri, namanya Amel. Pada bulan Agustus 2014, saya sudah merasa bosan dengan WordPress theme tersebut, yang akhirnya memaksa saya merancang WordPress theme yang baru.

Atmojo WordPress Theme
Atmojo Theme

Ya, yang sampeyan lihat saat ini adalah WordPress theme baru, yang saya kerjakan selama 3 minggu, mungkin lebih sedikit. Dan tema ini saya beri nama Atmojo, yang saya ambil dari nama belakang saya.

Inspirasi

Jujur saja, saya merancang tema ini karena terinspirasi Svbtle (60%), Medium (30%), dan sisanya (10%) terinspirasi oleh website yang sering saya kunjungi. Jadi apakah desain website / blog ini orisinil? Tentu saja tidak, karena saya terinspirasi, dan memang begitulah adanya.

Bahan baku

Seperti biasanya, saya mengembangkan WordPress theme ini, berbasis dari _s (underscores), yaitu starter theme buat WordPress.

Icon Fonts yang saya gunakan, adalah Vordava dan Satriyo, yang merupakan Icon Fonts rancangan saya sendiri juga. Ya, mau bikin Icon Font baru kok malasnya minta ampun, jadi akhirnya saya putuskan pakai Icon Fonts yang lama saja, biar kerjanya lebih cepat, hehe.

Domain baru

Ketika para fanboy ingin memperbarui gadgetnya; iPhone 6 & Apple Watch, saya justru ingin memperbarui domain, dari Satriyonitiatmojo.com ke Satriyo.co, lebih ringkas menurut saya.

Domain .co memang sedikit lebih mahal, jika kita bandingkan dengan domain .com, sekitar Rp. 275.000 /tahun. Ya setidaknya domain tersebut masih jauh lebih murah, jika kita bandingkan dengan domain .id, yaitu sekitar Rp. 500.000 /tahun, hehehe. Murah kan ya? LOL

Lalu bagaimana dengan Satriyonitiatmojo.com ? Domain tersebut tetap saya perpanjang, tetap saya gunakan, meskipun tidak untuk blogging lagi, karena itu domain keramat, domain personal yang saya beli tahun 2008, hehehe.

17 Artikel Dihapus

Ada sekitar 17 artikel pada blog.satriyonitiatmojo.com yang aku hapus, karena kurang ada manfaatnya menurut saya. Akan tetapi, ada juga artikel yang aku hapus, lantaran “kehilangan konten”, maksudnya ada separuh tulisan yang hilang dalam artikel tersebut. Aneh ya?

Dan ada sekitar 51 artikel dari blog.satriyonitiatmojo.com yang aku pindahkan ke satriyo.co, dan tentu saja sudah aku redirects 301, biar search engine tahu kalau saya lagi pindahan domain, hehehe.

Bergairah

Punya  mobil baru, bawaannya ingin terusan pakai. Punya smartphone baru pun juga gitu. Dan itulah tujuan saya merancang WordPress theme baru, supaya aktifitas blogging menjadi lebih bergairah, lebih rajin ngeblog lagi.

Mungkin salah satu dari sampeyan sudah tahu kalo saya sudah jadi blogger sejak tahun 2005, dan semoga selalu seperti itu, karena pada dasarnya saya suka baca – tulis, hihihi.

Dan itulah sedikit cerita dari saya, kalau sampeyan sudah punya domain sendiri apa belum?