Melihat Mesin Waktu

Pada sebuah serial Cosmos: A SpaceTime Odyssey, Neil deGrasse Tyson berkata, apabila teknologi mesin waktu yang paling sederhana itu sebenarnya sudah ada, yaitu kamera foto ataupun video.

Setiap kali pulang ke kampung halaman, saya selalu melewati sejumlah tempat yang menyimpan banyak kenangan, tentang masa kecil. Saya yakin ada begitu banyak orang yang seperti saya, mungkin sampeyan salah satunya.

Akan tiba suatu masa, ketika kita menyesali hal-hal gila dan bodoh yang pernah kita lakukan pada masa lalu. Semua orang akan menyesal pada waktunya.

Pada suatu waktu, saya menemukan setumpuk album foto yang sudah berdebu, beberapa diantaranya bahkan sudah rusak.

Lembaran demi lembaran saya buka, kadang tersenyum, kadang merasa malu, ya kira-kira begitulah ekspresi saya ketika melihat mesin waktu itu. Hal-hal yang dulu kita anggap keren, kini malah kita tertawakan, terutama disaat melihat gaya busana kita dikala itu.

Kadang saya kangen dimarahi sama orang tua, hujan-hujan cuman pakai kaos kutang, mainan mercon (petasan) didepan masjid saat orang lagi sholat tarawih, pakai seragam putih merah terus pulang sekolah lari terbirit-birit lantaran dikejar anjing, dst. Semacam kenangan anak 80an.

Kadang seperti gak percaya kalau sudah punya anak tiga, waktu seolah berjalan begitu cepat.

Kadang saya kangen dicubit sama orang tua, ketika saya ketahuan cari ikan kutuk, ikan gatul diselokan sekitar tempat tinggal. Padahal dulu selokan itu jauh lebih bersih loh, airnya masih bening, beda sama selokan sekarang. Kadang rasa kangen itu muncul, ketika saya lihat video klip SinĂ©ad O’Connor di YouTube, yang judul lagunya Nothing Compares 2U.

Lagu ini adalah salah satu lagu kesukaan Ibu saya. Kadang kalau pas saya pulang ke kampung halaman, saya paling suka lihat wajah Ibu ketika tidur. Perasaan menyesal dan sayang campur aduk jadi satu.

Aah, entah kenapa pagi ini Kopi Kintamani terasa lebih pahit dari biasanya.

Selamat pagi buat sampeyan yang sedang membaca, pernahkan terbesit keinginan kembali kemasa lalu walaupun cuman sesaat?