Pikir Sebelum Upload

Semoga sampeyan sudah tahu tentang kasus foto-foto Jennifer Lawrence, Kate Upton, dkk yang kini menyebar luas di media sosial, lantaran akun Apple iCloud mereka dibobol. Kalau belum tahu tentang tragedi memalukan itu, lebih baik sampeyan browsing dulu beritanya.

Media sosial itu ruang publik, meskipun anda menggunakan jejaring sosial atau layanan privat lainnya. Sebaik-baiknya teknologi, sekuat-kuatnya keamanan, pasti ada celahnya, gak peduli siapa penyedianya.

Free Cloud Storage
Layanan Cloudup.

Apple saja, yang merupakan brand besar, dan memberikan layanan iCloud yang diklaim aman untuk setiap penggunanya, masih bisa kebobolan, entah karena kesalahan penggunanya itu sendiri, atau karena memang ada celah keamanan pada layanan iCloud tersebut.

Pastikan password akun anda sudah cukup rumit. Dan jangan pernah menggunakan password yang mudah anda ingat, misalnya tanggal lahir, tanggal pernikahan, karena rentan dibobol.

Jika sampeyan memiliki foto yang sekiranya menurut sampeyan tergolong privasi, dan tidak boleh ada orang lain yang melihatnya, mengaksesnya, maka saran saya jangan pernah upload ke jejaring sosial, cloud storage, meskipun sudah anda setting ke mode private. Layanan berbayar saja masih bisa kebobolan, apalagi layanan yang gratisan.

Apple iCloud
iCloud

Sebisa mungkin juga jangan pernah memotret diri anda dalam kondisi terlihat auratnya, meskipun sampeyan simpan di hape, laptop atau komputer pribadi, karena bisa jadi suatu saat hape tersebut hilang, tertinggal, dan artinya mungkin saja ada orang lain yang mengaksesnya, dan akhirnya melihat seluruh foto-foto anda tersebut.

Yang dulunya tidak berhijab, namun sekarang berhijab. Sebaiknya hapus segera foto-foto yang belum berhijab itu, nanti menyesal loh.

Tentu saja sampeyan sering melihat atau membaca berita tentang menyebarnya foto ataupun video tidak senonoh, yang ternyata si pelaku penyebarannya adalah mantan kekasihnya sendiri, rekan kerjanya, dll. Jadi, pikir dulu sebelum upload, pikir dulu sebelum motret.

Selamat sore dari Surabaya, sore ini lagi ngopi apa ngeteh ?