Masih Percaya Foto Penampakan?

Foto penampakan memang selalu digemari, apakah itu penampakan hantu pocong ataupun kuntilanak. Bahkan menurut data yang saya peroleh dari Google, foto penampakan malaikat pun juga digemari. Apakah sampeyan juga termasuk salah satu penggemarnya?

Beberapa hari yang lalu, saya menonton sebuah serial tentang sains di National Geographic Channel, yaitu Brain Games. Didalam tayangan tersebut ada sebuah topik yang sangat menarik, dan mungkin topik tersebut bisa menjawab kenapa kita mudah percaya dengan foto-foto penampakan.

Foto Penampakan Hantu Pocong, Kuntilanak dan Malaikat.
Foto Penampakan Apa Ini?

One of the most basic and natural of our human skills is the ability to recognize and identify incoming stimuli, a process known as pattern recognition.Edward L. DeLosh & Paul S. Merritt.

Otak kita ini sudah terlatih untuk mengenali pola, yaitu pola-pola yang sering kita jumpai, apakah itu wajah manusia, kupu-kupu, buah-buahan, hal yang berbau klenik dan masih banyak lagi. Istilah yang disebut didalam tayangan Brain Games tersebut adalah Pattern Recognition.

Mungkin sampeyan yang berprofesi sebagai psikolog lebih paham bagaimana cara menjelaskan tentang Pattern Recognition itu.

Singkatnya begini, obyek-obyek disekitar kita, dan yang sering kita lihat, boleh jadi menyerupai obyek-obyek yang lainnya, apakah itu makhluk hidup ataupun benda mati. Misalnya:

Foto penampakan hiu dan kapal selam dilangit
Hiu / Kapal Selam?

Akan tetapi, boleh jadi setiap orang menterjemahkan obyek yang mereka lihat tersebut, berbeda dengan terjemahan versi saya atau sampeyan.

Fenomena seperti ini, disebut Pareidolia.

Coba foto diatas sampeyan tunjukkan kepada orang yang belum pernah melihat dan mendengar tentang kapal selam. Pasti jawabannya beda lagi, karena obyek kapal selam belum terekam di otaknya.

Semenjak Internet dikenal di Indonesia, setiap ada kabar burung tentang foto penampakan, video penampakan, apakah itu hantu pocong, kuntilanak atau malaikat, selalu saja menjadi target pencarian begitu banyak orang. Bahkan dulu saya juga termasuk dari salah satu para pemburu foto-foto penampakan :)) Dan pasti akan menjadi jauh lebih heboh kalau sudah masuk televisi kan? Semakin dibahas, semakin viral, semakin dipercaya banyak orang.

Padahal bisa saja itu foto rekayasa, video rekayasa, atau mungkin otak kita saja yang mudah menterjemahkan secara klenik dan keghaib-ghaiban.

If you look at any walls spotted with various stains or with a mixture of different kinds of stones, if you are about to invent some scene you will be able to see in it a resemblance to various different landscapes adorned with mountains, rivers, rocks, trees, plains, wide valleys, and various groups of hills, — Leonardo da Vinci.

Foto yang tadi pertama kali muncul, mungkin sampeyan terjemahkan obyek didalam foto penampakan tersebut: semut, balon, manusia, atau mungkin hantu pocong. Nah kalau noisenya saya hilangkan, kok ternyata foto buah ya?

Ternyata Bukan Foto Penampakan Hantu Pocong, Kuntilanak atau Malaikat
Foto Penampakan Buah.

Namun bukan berarti saya tidak percaya dengan hal-hal ghaib, karena saya yakin itu ada, akan tetapi saya tidak membiasakan diri terlalu ghaib, terlalu klenik :)) Lebih baik mencari jawabannya lewat sains dulu.

Selamat pagi buat sampeyan yang baru selesai baca. Apa sampeyan juga pernah melihat penampakan hantu?

Sumber Foto: Wikipedia.