3 Hal Yang Dibawa Mati

Sekitar 2/3 hari yang lalu saya gak sengaja lihat tayangan ceramah agama, lupa juga di channel apa. Nah, didalam tayangan tersebut, disampaikan bahwa ada 3 hal yang dibawa mati, oleh kita manusia.

Ada 3 Hal, Amalan atau Perkara Yang Dibawa Mati
Ilustrasi.

Rasulullah saw bersabda, “Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak sholeh yang mendoakan untuknya.“. [HR. Muslim]

Sedap! Blogging jadi lebih semangat, makin ikhlas juga, karena ingat lagi kalau ilmu yang bermanfaat bisa jadi amalan yang tidak pernah putus. Nah, kira-kira pernah enggak saya nulis ilmu yang bermanfaat buruk? Wah, jangan-jangan pernah, jangan-jangan banyak.

Ya, bisa jadi ketika kita dalam mode autopilot, kita gak sadar menulis hal yang memberi pengaruh buruk kepada orang lain.

Oke lah, mungkin hari ini jadwalnya saya cek seluruh artikel yang pernah saya tulis dibeberapa blog. Mungkin gak cuman cek blog saja, tapi juga di Facebook hingga Twitter. Jelas butuh waktu banyak sih, tapi toh itu buat kebaikan saya juga, daripada menyesal dikemudian hari.

Selamat pagi buat sampeyan yang baru selesai baca. Apa sampeyan juga peduli dengan tiga hal tersebut?

2 thoughts on “3 Hal Yang Dibawa Mati

Comments are closed.