Misteri Orb, Penampakan Bola Arwah

Beberapa menit yang lalu, saya gak sengaja lihat sebuah tayangan di National Geographic Channel, yaitu “Is it Real?: Ghosts”. Didalam tayangan tersebut, ada sebuah penjelasan ilmiah yang cukup menarik, yaitu tentang Orb, bola arwah. Sampeyan pasti paham kalau pernah menonton program acara [Masih] Dunia Lain, di Trans7.

Mungkin salah satu dari sampeyan adalah salah satu penggemar [Masih] Dunia Lain, atau bahkan skeptis dengan hal-hal yang berkaitan dengan Dunia Lain. Ya, itu hak sampeyan, mau percaya atau tidak.

Foto Penampakan Orb, Energi Jin, Bola Arwah, Energi Dunia Lain.
Penampakan Orb.

Terus terang saja, pada awalnya saya cukup yakin jika Orb adalah energi ghaib. Kenapa saya percaya? Ya karena belum mendapatkan penjelasan secara ilmiah. Namun setelah melihat tayangan “Is it Real?: Ghosts“, keyakinan saya tentang Orb jadi berbeda dari sebelumnya.

Baca juga: Masih percaya foto penampakan?.

Sebelum menulis artikel ini, saya sempatkan browsing sebentar, sekedar mencari tahu bagaimana pendapat netizen tentang foto-foto penampakan Orb. Ada yang mengatakan Orb adalah proses awal kemunculan Jin. Ada juga yang mengatakan jika Orb adalah bola arwah, atau energi arwah.

Pastinya, topik seputar klenik, ghaib dan dunia lain kan selalu menarik untuk dibahas, disimak. Apalagi kalau jadi topik hangat di media sosial, semakin diperbincangkan, semakin sering diberitakan, semakin dipercaya oleh banyak orang kan? Ujung-ujungnya makin banyak yang penasaran.

Foto Penampakan Jin Melalui Orb. [Masih] Dunia Lain.
Foto Penampakan Orb.
Lalu bagaimana dengan penjelasan tentang foto ataupun video penampakan Orb secara ilmiah?

Jadi begini, disekitar kita ada begitu banyak partikel yang bertebaran, apakah itu debu, embun, asap, dll. Dan setiap dari partikel tersebut, apabila terkena flash dari kamera, maka cahaya tersebut akan dipantulkan kembali dan terekam oleh kamera. Coba tanya teman sampeyan yang profesinya fotografer, khususnya yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dibidang fotografi, pasti mampu menjelaskan bagaimana Orb bisa terekam oleh kamera.

Diluar sana, ada begitu banyak orang yang penasaran dengan fenomena Orb, ndak cuman orang Indonesia saja, karena yang saya tonton tadi justru acaranya orang bule. Jadi kita ndak sendiri, hehehe.

Pada awalnya mereka melakukan pendekatan secara supranatural, untuk mendapatkan foto penampakan Orb. Kemudian, mereka mencoba melakukan pendekatan secara ilmiah, untuk mendapatkan foto yang sama persis seperti penampakan Orb tersebut.

Foto Penampakan Orb bukan dari Masih Dunia Lain.
Foto Penampakan Orb.

Lalu bagaimana hasilnya? Ya tentu saja sama persis. Bahkan mereka mampu membuat penampakan Orb yang jauh lebih heboh, lewat pendekatan secara ilmiah. Orb makin terlihat lebih jelas.

Jadi, apakah saya tidak lagi percaya dengan hal ghaib? Oh, jangan salah paham, saya masih percaya dengan hal ghaib, namun kita tidak harus selalu menafsirkan hal yang bisa dijelaskan secara natural, ke supranatural kan?

Selamat pagi buat sampeyan yang baru selesai baca. Kalau menurut sampeyan, apa sih Orb itu?

Image Source: Wikipedia.

4 thoughts on “Misteri Orb, Penampakan Bola Arwah

    1. Bikin efek digital seperti itu sih bisa, malah gampang πŸ˜€
      Tapi kalo dari penjelasan Wikipedia (sumber fotonya), itu merupakan contoh dari hasil percobaan menghasilkan “Orbs”, dari berbagai macam partikel.

  1. Kalo sy tetep percaya adanya mahluk halus tapi mahluk halus yng terekam kamera itu yng buat sy kurang yakin mas.apalagi sy sebagai orang bali disetiap upacara kami sering ada yng kesurupan yng di yakini itu roh roh para dewa dan leluhur kami,

    1. Sama, saya juga masih percaya dengan hal ghaib, soalnya pernah mengalami sih πŸ˜€
      Cuman kadang yang bikin skeptis itu, kok makhluk ghaib gampang banget terekam kamera, maksud saya yang di progam acara televisi itu

Comments are closed.