Made in P.R.C

Beberapa hari yang lalu saya memotret belasan produk impor. Dan sebagian besar produk yang saya potret pada waktu itu adalah Made in China. Ada yang kualitasnya baik, dan ada pula yang kualitasnya buruk.

Made in PRC / P.R.C
Kemasan berlabel P.R.C

Kemudian ada dua kemasan yang menarik perhatian saya, karena tidak tertulis Made in China seperti kemasan lainnya, melainkan Made in P.R.C. Ya, baru pertama kali ini saya melihat kemasan berlabel Made in P.R.C. Apakah P.R.C itu negara baru? Ataukah negara yang tidak cukup populer? 😕

Setelah saya mencari tahu apakah itu Made in P.R.C, ternyata P.R.C adalah singkatan dari the People’s Republic of China. Pertanyaannya sederhana, kenapa menggunakan label Made in PRC?

Berdasarkan dari berita yang saya baca di BBC, yang mengutip berita dari situs South China Morning Post, ternyata langkah itu dilakukan untuk mengatasi persepsi bahwa produk Made in China memiliki kualitas yang buruk. Dan saya baru sadar juga, kalau PRC itu sama halnya dengan RRC, Republik Rakyat Cina, hehehe.

Selamat siang buat sampeyan yang baca artikel ini. Apakah sampeyan sudah pernah membeli suatu produk berlabel Made in PRC?

One thought on “Made in P.R.C

  1. Pernah kaya gini waktu beli mainan, ngeliat bagian bawa made in P.R.C kirain tadinya korea utara

Comments are closed.