Membangun Loyalitas Pelanggan

Membangun loyalitas pelanggan itu sebenarnya bukan hal yang susah, tapi tidak juga bisa dibilang mudah, jika kita terus berorientasi pada profit dalam jangka pendek. Saya menulis artikel singkat ini berdasarkan dari pengalaman saya, dari apa yang saya pelajari, dan berdasarkan dari apa yang saya alami, bersama para klien studio desain saya selama 5 tahun ini.

Pada intinya begini, pelanggan itu jika sudah sangat kecewa, maka musnalah loyalitas itu. Lantas bagaimana cara mencegah atau mengobati kekecewaan para pelanggan?

  • Jujur tentang apa saja yang bisa kita berikan kepada mereka, dan apa saja yang mereka dapatkan dari kita. Tujuannya adalah, demi mencegah adanya over expectation.
  • Melayani hingga disisi emosional, adalah salah satu kunci untuk membuat mereka sangat nyaman kepada kita. Jadi, pelayanan itu tidak hanya sebatas dari apa yang mereka bayar, untuk mendapatkan pelayanan dari kita.
  • Menjawab keluhan pelanggan dengan jawaban yang “dingin”, dan segera merespon keluhan itu dengan melakukan perbaikan untuk suatu hal, secepat mungkin.

Saya pikir, ketiga poin tersebut sudah cukup untuk membangun loyalitas pelanggan, dengan syarat apabila kita melakukannya dengan benar. Percayalah, The Power of Recommendation itu berawal dari loyalitas pelanggan, dan saya sudah sering mengalami itu. Alhamdulillah.