Tips Memulai Bisnis Kreatif

Memulai sebuah bisnis berbasis kreatifitas, itu bisa dikatakan mudah dan bisa pula dikatakan susah. Mudah kalau langsung dilakukan, dan susah kalau terus direncanakan, pada intinya disitu. Tidak peduli kita mengawalinya dengan modal nol rupiah, atau bahkan ratusan juta rupiah, karena action itu mutlak harus dilakukan.

Saya bisa menulis artikel ini, karena pernah mengalami pahit-asam-asin-manis dalam mendirikan Vordava, menjalankannya, hingga mengelolanya selama 5 tahun ini. Jika salah seorang dari kalian sepenuhnya mengetahui bagaimana saya berproses, tentu mengamini hal itu. Yah, saya mendirikan Vordava yang sepenuhnya dari nol, baik dari aspek finansial, pengalaman, hingga skill. Akan tetapi, tentu saja masih ada begitu banyak pihak yang berproses jauh lebih baik, daripada saya.

Seperti yang saya tulis dari awal, apabila memulai bisnis kreatif itu bisa dikatakan mudah, dan bisa pula dikatakan susah. Susah kalau terus direncanakan, mudah kalau langsung dilakukan. Maka, saya hanya memberikan tips memulai bisnis berbasis kreatifitas, secara mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Cukup memanfaatkan sumber daya yang ada, mulai dari laptop ataupun pc, koneksi internet, hingga kendaraan bermotor. Tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk mengadakan sumber daya yang belum saatnya kita miliki, atau bahkan tidak sering kita butuhkan. Kenapa? Karena setiap sumber daya yang ada harus bisa menghasilkan rupiah.
  2. Mengumpulkan data-data perusahaan hingga perorangan, yang bisa kita jadikan sebagai calon klien kita. Semua informasi itu bisa dengan mudah kita peroleh melalui internet, secara gratis. Kemudian, hubungi mereka satu persatu, baik melalui email, telepon, atau langsung saja menuju ke lokasi.
  3. Manfaatkan blog, Twitter, Facebook, ataupun forum-forum lainnya, sebagai sarana promosi. Tapi ingat, jangan promosi ke teman seprofesi, besar kemungkinan tidak akan ada impact dalam wujud rupiah. Lakukan secara berkala, dari hari ke hari, secara konsisten, tidak mengenal lelah, Insya Alloh rejeki akan hadir dihadapan kita.
  4. Sewalah web hosting dan domain, karena website itu adalah salah satu alat pemasaran yang sangat murah, bersifat nasional ataupun global, dan bisa sangat efektif, apabila kita memahami internet marketing. Masukkan semua portofolio yang layak untuk dipublikasikan, dan sertakan identitas secara jelas, serta informasi kontak untuk menghubungi kita.
  5. Tentukan harga jasa, sesuai dengan pengalaman kita, keahlian kita, jam terbang diri kita, dan pertimbangan lainnya. Jangan terlalu murah, namun jangan pula terlalu mahal, karena dalam memulai bisnis kreatif kita membutuhkan banyak profit, untuk melangkah ke tahap berikutnya. Keringat, dan waktu yang kita korbankan, harus menjadi rupiah.
  6. Perbanyak belajar, menambah pengetahuan, dan wawasan, karena calon klien yang kita hadapi, project yang akan kita kerjakan, bisa jadi merupakan hal baru, yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya.
  7. Dan jurus pamungkasnya adalah, (jika anda muslim) perbanyak sholat, berdoa, bersyukur, berpikir positif terhadap Alloh, dan yakinlah apabila setiap upaya yang kita lakukan, pasti akan berbuah hasil, cepat atau lambat.

Pokok persoalannya adalah, sering kali saya jumpai teman-teman seprofesi yang kurang memiliki kesabaran, keuletan, dan konsistensi, dalam menjalankan bisnis kreatif mereka masing-masing. Seolah mereka itu ibarat Sangkuriang, terlalu percaya diri jika mampu membuat perahu dan danau dalam waktu satu malam.

Mark Zuckerberg (Facebook), Bill Gates (Microsoft), Larry Page dan Sergey Brin (Google), tidak berproses selama 1 malam saja, 1 bulan, ataupun 1 tahun, untuk bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang ini. Mereka membutuhkan waktu selama bertahun-tahun, untuk bisa mencapai semuanya itu, dan bahkan hingga detik ini mereka terus berproses, untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan yang telah mereka dirikan.

Dalam perjalanan berbisnis, akan ada begitu banyak pengorbanan yang pasti kita lakukan, dan kita alami. Kita akan menghadapi begitu banyak hal yang bersifat asin, pahit, asam ataupun manis, dan itu pasti terjadi disetiap orang. Mulailah bisnis itu dari sekarang!