BBM For Android & iOS #BBM4ALL

Pada 18 September 2013, Blackberry mengumumkan secara resmi –melalui blognya– tentang kehadiran BBM di Android dan iOS. Agak sedikit aneh memang, apabila aplikasi BBM tersebut, tersedia di Android ataupun iOS, karena pasti akan menimbulkan pertanyaan, “Lantas untuk apa kita membeli Blackberry Smartphone?”.

BBM will be available as a free download for Android smartphones running Ice Cream Sandwich and Jelly Bean (Android 4.x) beginning at 7AM EDT on September 21. BBM for iPhones running iOS 6 and iOS 7 will become available for each market on the App Store schedule of 12:01 AM local time on September 22. For more information, or to download BBM for Android or iPhone, visit www.BBM.com.Inside Blackberry.

Yang lebih menarik lagi, antusiasme netizen tentang berita kehadiran BBM di Android dan iOS, sangat baik, bahkan hal itu diluar dugaan. Yah, setidaknya itu bisa memberikan angin segar bagi Blackberry. Nah, saking begitu antusiasnya netizen dengan aplikasi BBM lintas platform tersebut, sampai-sampai tersebarlah aplikasi .apk BBM yang tidak resmi, diberbagai media sosial. Akibatnya, Blackberry memutuskan menunda peluncuran BBM di Google Play ataupun App Store, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Mereka beralasan, apabila akibat dari file .apk BBM yang tidak resmi itu, bisa menimbulkan gangguan pada server mereka. Yah, mereka tentunya tidak ingin ada kejadian semacam itu kedepannya, yang bisa menimbulkan dampak buruk pada mereka dan pengguna.

Prior to launching BBM for Android, an unreleased version of the BBM for Android app was posted online. The interest and enthusiasm we have seen already – more than 1.1 million active users in the first 8 hours without even launching the official Android app – is incredible. Consequently, this unreleased version caused issues, which we have attempted to address throughout the day.Inside Blackberry.

Uniknya adalah, persoalan ini hampir mirip dengan persoalan yang terjadi pada Google+ dan Pinterest, jika kalian masih ingat betul dengan hal itu. Mereka membuat para calon pengguna menunggu begitu lama, untuk bisa menggunakan layanan tersebut secara penuh. Padahal, para calon pengguna pada waktu itu, sangat begitu antusias menunggu pengumuman kapan mereka bisa mendaftarkan diri.

Oleh karena pengumumannya terlalu lama, dan ada begitu banyak pengguna yang mulai kehilangan antusiasme tersebut. Dan begitu mereka mempublikasikan pengumuman, para calon pengguna tidak begitu lagi tertarik. Akibatnya, Google+ ataupun Pinterest tidak sukses menggeser Facebook ataupun Twitter.

Pertanyaannya adalah, apakah hal tersebut akan terjadi juga pada BBM ? Entahlah, saya juga bukan dukun, hehehe, mari kita lihat saja sampai kapan para calon pengguna bisa menjaga semangat ketertarikan mereka, pada aplikasi BBM lintas platform tersebut. Mengingat sampai hari ini belum ada pengumuman dari pihak Blackberry.