Berpikir Lepas Demi Kreatifitas

Masih dengan topik sama seperti artikel sebelumnya, yaitu tentang misteri otak dan bagaimana otak bekerja. Yah, kali ini saya sedikit menulis artikel tentang Droodles, dan saya yakin beberapa dari kalian sudah mengetahui hal itu.

Terkadang, kita sebagai orang dewasa, merasa sulit, berat ataupun susah, ketika memaksakan diri untuk menyelesaikan suatu masalah atau mungkin pekerjaan. Kita cenderung lebih berhati-hati, bersikap tenang, yang justru hanya bisa melahirkan 1 atau mungkin 2 solusi saja, tidak lebih. Dan bahkan, boleh jadi solusi tersebut masih tidak bisa menyelesaikan suatu masalah.

Lain halnya dengan anak kecil, ketika kita masih anak-anak, atau disaat kita masih berusia cukup muda. Ketika kita menghadapi suatu masalah, kita bisa dengan mudah menyelesaikannya dengan cepat dan sedikit tekanan. Gak percaya?

Coba kalian lihat gambar absurd diatas, dan saya beri waktu 5 detik untuk memikirkan, berimajinasi, tentang apa menurutmu bentuk dan wujud yang mendekati dari gambar diatas, dalam 1 kali percobaan. Cobalah untuk jujur, maka kemungkinan besar kita hanya bisa menyebutkan antara 1 – 2 obyek atau wujud.

Lalu cobalah menunjukkan gambar ini pada anak-anak, maka besar kemungkinan mereka bisa menjawab jauh lebih banyak daripada kita. Gak percaya? Awalnya saja juga tidak percaya hal itu bisa terjadi, setelah menonton tayangan di National Geographic Channel. Maka, tidak ada salahnya terkadang kita berpikir lepas seperti anak-anak, ketika ingin menyelesaikan suatu masalah, biar lahir begitu banyak solusi kreatifnya.