Darurat Pasar Bebas ASEAN 2015

Pada 2015, kita akan menghadapi ASEAN Economic Community (AEC), atau yang lebih dikenal sebagai Pasar Bebas ASEAN 2015. Saya bukan pakarnya untuk persoalan AEC itu, tapi cukup tahu dan wajib waspada untuk menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2015.

AEC akan aktif diterapkan pada 1 Januari 2015, dan itu artinya hanya tinggal beberapa tahun lagi. Sayangnya, gaung Pasar Bebas ASEAN 2015 seolah begitu sayup terdengar, padahal kita tidak mudah menghadapi AEC. Pada saat itu, kita akan berkompetisi dengan semua negara di ASEAN, karena mereka bebas masuk di pasar Indonesia, dan itu persaingan yang berat.

Mungkin pada saat ini, kita tidak terlalu banyak memiliki kompetitor, namun pada 2015, boleh jadi kita akan berkompetisi dengan begitu banyak pihak dari sejumlah negara. Kompetisi itu lebih dari sekedar soal harga, ongkos atau biaya, namun juga menyentuh soal kualitas atau standarisasi. Yah, kita harus bersiap mulai dari saat ini.

Perusahaan besar hingga UMKM di Indonesia pun, sudah pasti akan bersaing dengan perusahaan dari sejumlah negara. Para profesional dari Indonesia pun, juga akan langsung berhadapan dengan para profesional dari sejumlah negara, pertanyaannya adalah, sudah siapkan kita berkompetisi dengan mereka ? Seberapa kuat daya saing kita ? Sekali lagi, ini bukan persoalan sepele, karena ini adalah persoalan serius.

Lalu bagaimana dengan saya ? Dalam kurun waktu setahun terakhir, saya sudah mulai bersiap-siap dalam menghadapi AEC / Pasar Bebas 2015. Yah, masih ada begitu banyak hal yang harus saya persiapkan sejak saat ini. Bagaimana dengan kalian ?