Mesin Waktu Internet

Mesin waktu yang satu ini, membangkitkan kenangan 6-8 tahun yang lalu, yang membuat saya menahan tawa, lantaran melihat profil Friendster dan beberapa blog personal saya yang lama.

Mungkin masih ada begitu banyak orang dan mungkin juga sampeyan, yang belum pernah memanfaatkan mesin waktu internet yang satu ini, yaitu Internet Archive, Wayback Machine.

Mesin Waktu Internet Archive
Internet Archive.

Caranya gampang, pada kolom yang tersedia di Internet Archive tersebut, ketik saja alamat website, blog, atau akun jejaring sosial yang dulu pernah sampeyan miliki, namun sudah dihapus atau terhapus. Dan kalau beruntung, maka mesin waktu internet akan mengantarkan sampeyan kembali ke masa lalu.

Akan tiba suatu masa, ketika kita mentertawakan hal-hal yang dulu kita anggap keren. Semua hal akan lucu pada saatnya.

Apa Kabar Friendster?

Nah, setelah saya kembali ke masa lalu menggunakan mesin waktu internet itu, saya baru ingat, kalau pada tahun 2007 sampai 2008, saya lebih sering ngeblog di Friendster (selain di WordPress dan Blogspot).

Tampilan Friendster 2007 - 2008
Akun Friendster Saya.

Dan sepertinya beberapa artikel yang saya temukan lewat mesin waktu internet itu, akan saya masukkan ke blog personal ini.

Kalau saya amati lagi, dulu cara saya mengisi profil kok aneh gitu yak? Makanya saya gak tega mau full screenshot halaman utama akun Friendster saya tersebut, malu-malu gimana gitu :))

Ketemu Blog Lama

Pernah juga punya blog di WordPress, yang saya buat tahun 2008. Ada juga blog lainnya yang jauh lebih lama, namun saya benar-benar lupa nama blognya. Ya sudah, sementara korek-korek blog yang ingat dulu saja.

Tampilan WordPress.com 2008.
Blog 2008

Hal yang menarik setelah saya baca setiap artikel di blog saya yang lama itu (sekarang sudah gak ada lagi), ternyata gaya menulis saya pada waktu itu, cukup berbeda dengan gaya menulis saya yang sekarang.

Ya, kali ini saya ndak hanya melihat mesin waktu, namun sudah mengemudikan mesin waktu itu.

Sepertinya saya akan pindahkan beberapa artikel tahun 2008, melalui mesin waktu internet itu, ke blog personal yang saya gunakan pada saat ini. Meskipun gaya bahasanya agak menggelikan, setidaknya saya menyimpan kembali artikel dari masa lalu, ke masa sekarang ini.

Selamat malam buat sampeyan yang baru selesai baca, apa sampeyan juga ingin mencoba mesin waktu Internet Archive?