Kebenaran Bersifat Paradoks

Setelah saya pikir-pikir, hal-hal yang mengandung kebenaran itu lebih banyak yang bersifat paradoks. Tapi ini pendapat saya loh ya, yang boleh jadi berbeda 180° dengan pendapat sampeyan.

Galaksi, Bima saksi, milky way, foto bintang
Ada Yang Tiada

pa·ra·doks n pernyataan yg seolah-olah bertentangan (berlawanan) dng pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran; bersifat paradoks – KBBI Online.

Semakin sering bersedekah (memberi), maka semakin sering menerima (rezeki). Dia (Tuhan) ada tapi tiada (terlihat wujudnya). Terlihat datar, tapi bulat (bumi). Terlihat bulat, tapi tidak bulat (bumi). Gravitasi itu ada, tapi tiada (terlihat wujudnya). Tiada (terlihat) tapi ada (black hole).

Seringkali orang yang memperlihatkan, mencitrakan atau mengatakan bahwa dirinya itu baik, sebenarnya dia itu jahat, atau punya niat jahat. Seringkali orang yang memperlihatkan, mencitrakan atau mengatakan bahwa dirinya seseorang yang terpercaya, ternyata tidak bisa dipercaya.

Cinta itu ada, tapi tiada (terlihat wujudnya). Berhentilah makan – minum (puasa), maka kamu sehat. Cahaya matahari untuk sampai ke bumi, butuh waktu 8 menit 20 detik (laju cahaya), maka ketika matahari terbenam itu ada yang tiada.

Jika sesuatu hal atau seseorang itu buruk dan merugikan, justru semakin dicintai, disayangi dan dipuja-puja. Hal semacam ini juga bersifat paradoks. Salah satu contohnya, narkoba.

Dan sebaliknya, jika sesuatu hal itu benar, baik dan membawa kebaikan, justru semakin dijauhi dan dibenci. Hal semacam ini juga bersifat paradoks. Salah satu contohnya adalah perintah Tuhan, atau agama.

Bintang-bintang yang kita lihat dilangit, boleh jadi sudah hancur lebur 1 milyar tahun yang lalu, namun kita masih bisa melihatnya dari bumi hingga sekarang (karena laju cahaya), maka itu ada yang tiada.

Ada banyak hal yang mengandung kebenaran itu justru bersifat paradoks, dan saya baru menyadari itu satu persatu. Batin saya mengatakan, berhati-hatilah sebelum kamu mengatakan sesuatu hal itu benar atau salah.

Selamat pagi buat sampeyan yang baru baca, apa sampeyan bisa menambahkan hal-hal lainnya yang bersifat paradoks? Monggo.