Kagum Dengan Layanan konsumen PT Ultrajaya

Pada Sabtu 14 Juli 2018, sekitar pukul 21:00 WIB aku membeli susu Ultra Milk Low Fat Hi Calcium kemasan 1000 ml di minimarket yang tak jauh dari rumah. Ya, hampir setiap hari aku dan anak-anakku selalu mengonsumsi susu sapi. Tidak hanya susu, aku juga rajin mengonsumsi buah-buahan, karena kurang suka mengonsumsi sayuran šŸ˜.

Sesampainya dirumah aku membuka kemasan susu Ultra Milk Low Fat Hi Calcium itu, tapi setelah menuangkan susunya di gelas, aku melihat hal yang tidak seperti biasanya. Susunya menggumpal šŸ˜±.

susu Ultra Milk Low Fat Hi Calcium rusak
Susunya menggumpal.

Rasa penasaran ini semakin besar, aku coba tuang lagi susunya kedalam gelas dan aku mencium aroma aneh. Tidak seperti halnya aroma susu šŸ„ segar.

Khawatir susunya diminum oleh anak-anakku esok pagi, aku sembunyikan susu Ultra Milk Low Fat Hi Calcium itu dan memberitahu istriku supaya membuang susunya pagi-pagi sebelum anak-anakku bangun.

Melaporkan Ke PT. Ultrajaya Milk Industry

2 jam setelahnya, entah kenapa aku berniat melaporkan permasalahan ini ke layanan pelanggan PT. Ultrajaya Milk Industry, selaku produsen susuĀ Ultra Milk Low Fat Hi Calcium. Karena biasanya aku selalu menganggap enteng persoalan-persoalan seperti ini, selalu aku anggap angin lalu. Anggap saja belum rezekiku. Sekali lagi, malam ini aku tidak seperti biasanya.

Aku potret beberapa bukti jika susuĀ Ultra Milk Low Fat Hi Calcium yang aku beli menggumpal, foto kemasan dan juga susunya. Kemudian aku mengirim email ke customer_care@ultrajaya.co.id beserta lampirannya, tentu dengan kalimat yang santun dan jelas.

susu Ultra Milk Low Fat Hi Calcium kadaluwarsa
Kemasan susu Ultra Milk.

Dua hari kemudian aku mendapati jika email yang kukirim ke layanan konsumen PT. Ultrajaya Milk Industry gagal terkirim, karena ukuran file foto yang terlampau besar. Akhirnya aku kirim beberapa foto saja dalam satu kiriman, dan foto-foto yang lainnya aku kirim pada email berikutnya. Menurutku ini solusi yang tepat pada saat itu.

Menerima Email Balasan DariĀ PT. Ultrajaya Milk Industry

Tak disangka, beberapa jam setelah aku mengirim ulang email ke layanan konsumenĀ PT. Ultrajaya Milk Industry, aku menerima email balasan dari mereka. Email balasan itu berisi permohonan maaf dan permohonan supaya aku mengirimkan informasi alamat rumah, nomor telepon dan nama lengkap sesuai indentitas KTP.

PT. Ultrajaya Milk Industry ingin menindak lanjuti permasalahan yang aku alami ini, dan meminta aku menyimpan kemasan beserta susunya, karena mereka hendak mengambil barang bukti tersebut untuk diteliti lebih lanjut.

Lha masalahnya adalah, susu didalam kemasanĀ Ultra Milk Low Fat Hi Calcium itu sudah terlanjur dibuang istriku , karena aku sendiri yang memintanya pada sabtu malam šŸ˜, khawatir susunya diminum anak-anakku pada esok paginya. Tapi setelah aku periksa lagi, aku kocok, ternyata masih ada sedikit susu didalam kemasan tersebut, meskipun tidak banyak. Mungkin tersisa 1-2 sendok saja. Ternyata mereka tidak mempermasalahkannya.

10 Hari Kemudian

Tadi siang, pada hari Selasa 24 Juli 2018, sekitar pukul 13:00 WIB, anak-anakku memanggilku. Mereka berkata, “Ada kiriman barang!”. Dalam hati aku berkata, “Kok ada kiriman barang?”, karena seingatku aku dan istriku tidak membeli apapun. Jadi mustahil ada kiriman paket.

Oh iya, siang itu aku sedang bersih-bersih rumah, sedang mengepel rumah lantai atas, hehehe.

Setelah aku buka pagar rumah, aku melihat seorang pria berseragam warna biru muda dengan sebuah logo PT. Ultrajaya Milk Industry disisi kiri bajunya. Aku lupa menanyakan namanya. Dia berkata jika dia diutus oleh PT. Ultrajaya Milk Industry, berdasarkan laporan konsumen melalui email.

Aku persilahkan mas Ultrajaya itu masuk kedalam rumah, dan menanyakan kembali apa yang membuat dia datang kerumah.

Dijelaskanlah panjang lebar, yang intinya adalah menyampaikan permohonan maaf untuk permasalahan yang aku alami 10 hari yang lalu, dan meminta saya untuk menyerahkan barang bukti kemasan susuĀ Ultra Milk Low Fat Hi Calcium tersebut.

Setelah aku menyerahkan barang buktinya, aku diminta menandatangani selembar kertas, dan mas Ultrajaya itu menyerahkan sebuah tas yang berisi 2 kemasan susuĀ Ultra Milk Low Fat Hi Calcium 1000 ml. Alhamdulillah.

Layanan pelanggan PT. Ultrajaya Milk Industry
Alhamdulillah dapat rezeki susu.

Sekali lagi mas Ultrajaya ini mewakili PT.Ā Ultrajaya Milk Industry, menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya, dan berharap supaya saya tidak kapok membeli produk-produk mereka.

Kagum Dengan Layanan Konsumen PT. Ultrajaya

Terus terang saja, dari hati yang paling dalam, aku sangat terkesan dengan layanan konsumen PT. Ultrajaya Milk Industry ini. Mereka betul-betul menghargai dan mendengarkan pelanggannya. Tidak cukup itu, mereka betul-betul menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh pelanggannya.

Tidak hanya aku yang kagum, istri, mertua dan anak-anaku juga. Sebenarnya mereka (anak-anakku) bukan kagum sih, tapi senang, šŸ˜ kegirangan mendapatkan “hadiah” 2 kotak susuĀ Ultra Milk Low Fat Hi Calcium 1000 ml. Apalagi mendapatkan susu rasa coklat, rasa favorit hampir setiap anak-anak.

Menurutku, seperti inilah seharusnya para pelanggan diperlakukan. Bukan bersifat vertikal, tapi horisontal, yaitu merangkul pelanggan.

Itulah ceritaku pada hari ini, apakah kamu ada cerita serupa? Yuk berbagi cerita melalui kolom komentar.

Selamat sore dari Surabaya, selamat menikmati segelas susu coklatĀ Ultra Milk Low Fat Hi Calcium šŸ˜.

Leave a Reply